Bund, Ini Ide Olahan Buah Carica yang Bisa Ditiru di Rumah


Baca Juga
Bund, Ini Ide Olahan Buah Carica yang Bisa Ditiru di Rumah

Olahan Buah Carica - Carica atau dalam Bahasa Latin "Vasconcellea Pubescens" adalah buah dari jenis keluarga pepaya bersifat endemik yang hanya tumbuh di area dataran tinggi kurang lebih 1500 mdpl atau daerah pegunungan.


Dengan begitu buah carica juga di kenal dengan pepaya pegunungan atau pepaya gunung.  Di daerah Dataran Tinggi Dieng merupakan tempat yang sangat bagus untuk mereka tumbuh karena faktor suhu dan juga kondisi tanah yang cocok untuk tanaman ini tumbuh. Jadi tidak heran lagi kalau anda pergi mengunjungi daerah dataran tinggi dieng anda menemukan banyak sekali pohon dan buah carica.


Karakteristik Buah Carica


Buah carica memiliki bentuk buah dan pohon yang sangat mirip dengan buah pepaya. Warna buah ini saat masih mentah berwarna hijau dan jika sudah matang akan berwarna kuning cerah, namun rasa dan tekstur buah ini sangat berbeda dengan pepaya.


Buah carica memiliki rasa yang asam tidak seperti pepaya yang memiliki rasa manis, tekstur buah nya pun berbeda jauh kalau pepaya memiliki tekstur yang lembek, tidak dengan carica yang memiliki tekstur keras, selain itu untuk mengolah dan mengkonsumsi buah ini tidak boleh sembarangan.


Karena carica memiliki getah yang gatal, jika anda tidak bisa mengolah nya maka akan merasa gatal – gatal karena tidak benar – benar bersih dalam membersihkannya. Jadi jika anda ingin mengkonsumsi buah carica sebaiknya anda membeli di toko oleh – oleh saja karena mereka lebih berpengalaman untuk mengolah buah yang satu ini. 


Nah bicara soal olahan buah carica, Buah yang satu ini lebih enak jika di olah menjadi suatu makanan daripada memakannya secara langsung. Olahan buah carica itu ada apa saja sih?? Buah carica bisa di olah menjadi bermacam – macam olahan makanan.


Olahan Buah Carica


1. Manisan Buah Carica

Manisan carica sebenarnya hampir sama dengan manisan – manisan yang lain namun, carica memiliki rasa yang khas sehingga anda tidak bisa menemukan rasa buah ini di buah lainnya. Biasanya orang orang enggan untuk membuat manisan carica sendiri karena dianggap merepotkan. Nah untuk mempermudah kini sudah banyak Toko Manisan Carica yang tersebar hampir di seluruh wilayah.


2. Selai Buah Carica

Untuk anda yang suka mengkonsumsi roti  di pagi hari untuk sarapan pasti anda juga suka makan roti menggunakan selai juga kan? Selai dari buah carica? Sudahkah anda mencoba  nya?? Jika belum pernah maka cobalah sekali karena rasanya tidak kalah enak dengan selai rasa – rasa buah yang lainnya.


3. Dodol Carica 

Carica juga ternyata bisa di olah menjadi dodol buah lohh rasanya juga sangat legit dan enak karena rasa khas dari buah carica itu sendiri.


Bund, Ini Ide Olahan Buah Carica yang Bisa Ditiru di Rumah


4. Sirup Carica 

Jika cuaca panas maka enaknya minum yang segar – segar kan?? Untuk melepaskan dahaga dan menyegarkan tenggorokan, Sirup dari buah ini juga sangat enak memiliki rasa yang sangat berbeda dengan sirup – sirup yang terbuat dari buah yang lainnya loh. 


5. Ice Cream Carica

Sudah pernah coba belum ice cream yang terbuat dari carica? Jika belum pernah maka cobalah sesekali untuk mengobati rasa penasaran anda terhadap rasa segar dan khas dari ice cream yang satu ini. Apalagi di konsumsi saat cuaca sedang panas – panas nya ice cream ini akan menyegarkan tenggorokan anda dan memberikan rasa manis yang segar. 


Nah ternyata banyak kan produk olahan dari buah carica ini?? Sebenarnya masih banyak lagi jenis olahan – olahan lainnya namun yang paling favorit di incar oleh para wisatawan yaitu yang sudah saya sebutkan di atas. 


Untuk anda yang masih penasaran dengan rasa dari buah yang satu ini alangkah baiknya jika anda membeli nya di toko – toko terdekat anda. Jika tidak ada jangan khawatir karena sekarang ini tekhnologi sudah maju sehingga banyak orang- orang yang menjual nya melalui online yang bisa di kirim ke berbagai daerah. 


Jadi anda yang ingin mengkonsumsi produk- produk olahan carica ini tidak perlu lagi jauh – jauh pergi ke daerah asalnya apalagi sekarang ini dalam keadaan pandemi yang tak menutup kemungkinan kalau akses wisata pun di tutup sementara untuk mencegah penyebaran virus. 


0 comments:

Post a Comment