Sejarah Manisan Carica Khas Dieng Cemilan Sehat dan Manis


Baca Juga
Sejarah Manisan Carica Khas Dieng Cemilan Sehat dan Manis

Sejarah Manisan Carica – Pernah mendengar buah carica? Jika Anda merupakan orang yang berasal dari daerah di Wonosobo, Banjarnegara dan sekitarnya mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan buah yang berasal dari Dataran Tinggi Dieng ini.

Carica hakikatnya adalah merupakan buah yang masih satu keluarga dengan satu keluarga dengan pepaya, namun yang membedakan adalah buah carica yang hanya bisa tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian di atas 1400 mdpl.

Dari sejarah buah carica, terdapat sebuah kepercayaan bagi masyarakat sekitar Dieng Wonosobo, bahwa tumbuhan carica ini hanya bisa tumbuh dan berkembang di Dieng saja. Pernah ada beberapa kali percobaan untuk menanamnya di tempat yang lain namun hasilnya tidak sesuai harapan.

FYI, buah carica atau pepaya gunung ini ternyeta bukanlah buah yang berasal dari Indonesia loh. Buah yang satu ini merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara Amerika Selatan. 

Buah Carica atau Pepaya Gunung sendiri diperkenalkan ke Indonesia menjelang Perang Dunia ke Dua oleh Kolonial Hindia Belanda dan berhasil dikembangkan di Dataran Tinggi Dieng. Meskipun buah ini disebut dengan pepaya gunung, namun karakteristik dari buah carica ini berbeda dengan pepaya loh.

Buah carica ini memiliki bentuk yang bulat seperti telur (agak lojong) dengan panjang sekitar 6 hingga 10 cm dengan lebar 3 hingga 4 cm. Meskipun buah ini memiliki ukuran yang mungil, namun manfaat yang diberikan sangat luar biasa.

Manfaat tersebut beberapa diantaranya adalah melancarkan pencernaan karena mengandung serat yang tiinggi, menetralkan asam lambung, menjaga kesehatan mata, menambah energi, mempercantik kulit, mencegah kanker dan masih banyak lagi.

Ketika matang, daging buah carica ini memiliki warna kekuningan hingga ke jinggaan. Untuk daging bauh sendiri memiliki tekstur yang lumayan keras dan banyak terdapat biji di dalamnya yang dilindungi oleh selaput, berwarna putih dan berair.

Jika biasanya pepaya ketika sudah masak bisa kita makan langsung tanpa adanya pengolahan, berbeda dengan buah carica yang harus melalui pengolahan terlebih dahulu dengan alasan agar lebih enak ketika di makan.

Olahan dari buah carica ini diantaranya adalah sirup, smoothie, selai dan yang paling terkenal adalah manisan carica bahkan manisan carica merupakan mananan yang sudah menjadi ciri khas Dieng.

Ketika ingin mengolah buah ini, kami sarankan berhati hatilah dikarenakan buah ini memiliki banyak sekali getah yang bisa membuat gatal ketika terkena tangan. 

Berbicara mengenai manisan buah carica, manisan ini memang sudah banyak di kenal di kalangan masyarakat karena rasanya yang sangat khas. Manisan ini mulanya dimuat karena ada banyak buah carica yang melimpah di Dieng sehingga membuat para masyarakat Dieng memutar otaknya agar buah buahan ini tidak cepat busuk sehingga tercetuslah ide untuk membuat manisan buah carica.

Respon dari para wisatawan yang mencicipi manisan ini ternyata menyukainya sehinga masyarakat Dieng semakin optimis untuk terus memasarkan buah carica ini hingga ke luar daerah dan dijadikan sebagai oleh oleh khas Dieng.

Oleh oleh Manisan Carica kini sudah banyak beredar di pasaran namun bagaimana cara untuk membedakan Manisan Carica yang berkualitas dan mana yang tidak?

Ciri Ciri Carica Berkualitas

Sejarah Manisan Carica Khas Dieng Cemilan Sehat dan Manis

1. Kemasan

Kemasannya carica yang berkualitas umumnya rapi dan bagus. Jangan pilih manisan carica yang tidak rapi dikarenakan hal tersebut menjadi indikasi bagi manisan carica yang kurang berkualitas.

2. Warna Larutan

Umumnya, larutan yang ada pada manisan carica memiliki kuning yang pas. Jika warna kuningnya terlalu keruh itu mengindikasikan bahwa di dalam carica tersebut ada banyak kandungan yang berbahaya begitupula jika kandungan yang ada pada carica memiliki warna yang jauh lebih terang.

3. Teksturnya

Tekstur dari carica sendiri juga menjadi indikasi bagi orang yang hendak membeli. Carica yang berkualitas memiliki tekstur yang kenyal tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek. Nah itulah yang menjadi indikasi bagi orang yang ingin membelinya.

4. Pemanis 

Nah, ciri yang satu ini lumayan susah untuk dibedakan secara kasat mata. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pemanis ini hanya bisa Anda ketahui itu pemanis asli atau bukan hanya jika Anda mencicipnya. Pemanis buatan cenderung membuat sakit tenggorokan dan juga membuat batuk batuk. 
Nah, Anda ingin mencari manisan carica yang enak dan berkualitas? Tenang saja kami menjualnya. Dengan membeli carica kepada kami tentu saja Anda tidak harus datang ke Dieng untuk memperoleh carica ini. 

Sejarah Manisan Carica Khas Dieng Cemilan Sehat dan Manis

Carica yang kami jual memiliki kemasan yang rapi, warna larutan yang pas, tekstur yang kenyal dan juga memiliki pemanis yang tidak terbuat dari pemanis buatan melainkan pemanisnya berasal dari gula alami.

Nah, pemesanan bisa melalui WA/SMS/TELP. Dengan nomor +62 852-3610-0090 via WA/SMS/TELP. Kami memberikan pelayanan prima kepada Anda dan pastinya kami memberikan penawaran harga yang paling spesial untuk Anda. Beli sekarang dan dapatkan harga spesialnya!

Selain manisan carica yang menjadi BEST SELLER di toko kami, kami juga menyediakan Coklat Kerikil Arab dengan coklat yang berkualitas dan rasa yang tidak main enaknya.

Dengan membeli online kepada kami, Anda sudah tidak perlu lagi untuk datang ke Dieng untuk membelinya karena Anda cukup mengandalkannya saja kepada kami.

0 comments:

Post a Comment