PASTI BERHASIL! Begini Cara Membuat Manisan Carica Agar Awet


Baca Juga
PASTI BERHASIL! Begini Cara Membuat Manisan Carica Agar Awet

Cara Membuat Manisan Carica Agar Awet – Menu berbuka puasa selalu menjadi menu yang ditunggu tunggu oleh anggota keluarga. Setelah menahan dahaga dan lapar selama seharian sajian yang segar dan manis memang menjadi pilihan banyak orang.

Hidangan takjil seperti es buah, kolak pisang, es kelapa muda dan es pisang ijo mungkin terdengar lumrah untuk dikonsumsi ketika sedang berbuka puasa. Namun apakah Anda pernah berpikir jika untuk berbuka dengan carica?

Carica sendiri adalah salah satu jenis buah yang berasal dari tanaman pepaya pepayaan yang biasanya banyak tumbuh di dataran tinggi karena memang habitat aslinya berada di dataran tinggi. Tumbuhan carica bisa bertumbuh subur ketika tumbuhan ini di tanam di ketinggian 1.500–3.000 m di atas permukaan laut dengan struktur tanah yang lembab.

Salah satu hasil olahan dari tumbuhan carica ini adalah manisan buah carica. Karena dijaidikan manisan maka masa simpan dari carica ini jauh lebih lama dari pada dijadikan jenis olahan yang lainnya.

Nah jika Anda menginginkan untuk membuat manisan carica yang enak dan tentu saja memiliki daya tahan yang lama alias awet maka Anda bisa melakukan tips di bawah ini, selamat mencoba ya! Semoga berhasil!

Cara Membuat Manisan Carica Agar Awet

Sebelum membuat manisan carica ini yang pertama kali Anda harus lakukan adalah menyiapkan bahan bahan dan alat alat yang nantinya akan digunakan. Bahan bahan yang dibutuhkan antara lain buah carica, gula pasir dengan ukuran yang menyesuaikan dengan keinginan Anda, kayu manis, garam secukupnya dan kapur sirih.

Sedangkan alat yang dapat Anda gunakan untuk membuat carica ini diantaranya adalah kompor, wajan, pengaduk dan beberapa wadah. Nah jika alat dan bahan sudah disiapkan maka ikuti langkah berikut ini

1. Tahap pengupasan

Buah carica adalah salah satu buah yang mengandung getah, maka dari itu dalam pengupasannya Anda memerlukan keterampilan. Pada saat pengupasan ini gunakanlah sarung tangan agar kulit tidak gatal terkena getah dari buah carica ini. 

Setelah di kupas, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengeruk biji yang ada di dalam buah carica ini. Biji dari buah ini berwarna hitam yang diselimuti oleh selaput berwarna putih. Biji ini juga bisa digunakan sebagai sirup loh.

2. Tahap pemotongan dan pencucian

Yang dilakukan Anda selanjutnya adalah dengan memotong dan mencuci buah yang berwarna kuning ini. Potonglah buah ini sesuai dengan selera Anda namun biasanya yang sering dijumpai adalah berbentuk persegi panjang maupun segitiga.

Setelah dipotong potong yang harus Anda lakukan adalah mencuci buah carica ini sampai getah hilang. Biasanya diperlukan waktu sekitar dua kali untuk mencucinya hingga bersih. Jangan lupakan juga untuk menyertakan sekitar dua sendok garam (ukuran ini menyesuaikan dengan banyaknya buah carica yang Anda jadikan masakan) agar getah bisa hilang.

3. Perebusan

Nah jika cuci mencuci dan potong memotong sudah beres yang selanjutnya dilakukan adalah dengan melakukan perebusan. Proses ini dimulai dengan merebus biji carica dengan campuran air dan gula pasir untuk membuat campuran manisan sedangkan buah yang tadi sudah dipotong potong dapat dicampurkan dengan sirup yang satu ini.

Namun sebelum mencampur buah dan sirup pastikan sirup tersebut sudah berupa sirup dan tidak ada bijinya lagi caranya adalah dengan memeras biji buah carica ini sehingga wanginya keluar dan barulah dicampurkan dengan buah carica lalu direbus.

4. Pengemasan

PASTI BERHASIL! Begini Cara Membuat Manisan Carica Agar Awet

Nah jika sudah benar benar mendidih, maka dinginkan manisan ini. Anda bisa mengemasnya dalam botol kecil kecil jika ingin menjualnya atau Anda juga bisa memasukkannya ke dalam wadah biasa jika ingin mengonsumsinya sendiri. Manisan buah carica ini sangat pas untuk Anda konsumsi dengan keadaan dingin maka dari itu Anda bisa memasukan terlebih dahulu ke dalam lemari pendingin.
Hmm terdengar susah sih sebenarnya. Namun bagi Anda yang benar benar ingin membuatnya pasti ada jalan kok. Nah bagi Anda yang tidak ingin membuatnya secara sendiri namun ingin menikmatinya sebagai pelengkap makanan atau hanya dijadikan camilan maka nada usah khawatir lagi dikarenakan sudah banyak yang menjual manisan buah carica ini.

Namun Anda perlu waspada karena banyak juga pedagang nakal yang membuat manisan buah carica ini menggunakan bahan pengawet kimia yang kurang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. Namun jangan khawatir lagi karena Anda bisa membelinya kepada kami yang sudah jelas jelas membuat manisan buah carica dengan menggunakan bahan bahan yang alami.

Manisan buah carica yang kami jual tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali namun bisa bertahan lama karena kami menggunakan gula premium sebagai pengawet alaminya. Pengemasan dari manisan buah carica ini super rapih sehingga tidak ada reject yang ada.

PASTI BERHASIL! Begini Cara Membuat Manisan Carica Agar Awet

Selain itu rasanya juga sangat pas dan cocok sekali untuk dijadikan sebagai hidangan untuk berbuka puasa atau hidangan di hari raya nanti. Nah jika Anda ingin membelinya Anda tidak perlu datang jauh jauh ke Dieng atau ke tempat kami karena kami juga melayani pembelian secara online.

Untuk itu, Anda bisa membelinya kepada kami dengan menghubungi nomor +62 852-3610-0090  via WA/SMS/TELP. Kami juga melayani pembelian melalui marketplace marketplace raksasa seperti shopee, tokopedia dan yang lainnya loh.

Selain menjual secara eceran kami juga menjual manisan carica ini secara grosir yaa. Untuk informasinya Anda bisa mengunjungi laman Grosir Manisan Carica

Harganya sangat murah sekali karena kami mengambilnya dari produsen langsung. Buruan beli sekarang juga dikarenakan kami sedang mengadakan PROMO KHUSUS BULAN RAMADHAN. Buruan beli jangan sampai ketinggalan ya!

0 comments:

Post a Comment