+62 852-3610-0090 | Jual Dodol Wijen Paling Enak


Baca Juga
+62 852-3610-0090 | jual dodol wijen paling enak

Dodol Wijen – Makanan banyak sekali jenisnya. Makanan juga bisa terbagi menjadi makanan tradisional, yaitu makanan khas dari suatu daerah dan juga makanan internasional yang berasal dari luar negeri. Makanan diperlukan oleh manusia untuk memasok energi pada tubuh sehingga tetap berenergi saat beraktivitas. 

Makanan adalah bahan yang biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan yang dimakan oleh mahluk hidup untuk mendapatkan energi serta memenuhi nutrisi. Makanan juga ada jenisnya, bisa makanan yang bersifat berat atau yang isinya adalah makanan pokok, namun ada juga makanan ringan yang biasanya dikenal sebagai camilan. 

Makanan berat lebih banyak terdapat kandungan energi dari pada makanan ringan. Namun ada salah satu makanan yang unik. Bisa disebut dengan makanan ringan namun nutrisi yang ada sangat banyak. Makanan tersebut adalah dodol.

Dodol adalah panganan manis yang berasal dari Indonesia. Dalam dodol dapat mengandung banyak karbohidrat karena kadar gula. Tetapi banyak yang mengelompokan makanan ini ke dalam makanan berjenis makanan ringan atau camilan.

Jenis dari dodol banyak sekali ragamnya dikarenakan kreativitas manusia yang tak ada batasnya. Yang awalnya hanya rasa rasa tradisional itu itu saja dikreasikan menjadi rasa rasa yang lain yang lebih cocok dengan lidah kaum remaja.

Jenis dodol

  • Dodol Garut

Garut merupakan camilan khas Sunda dari Kabupaten Garut, Jawa Barat. Nama dari dodol ini sudah melegenda dan menjadi salah satu oleh oleh khas yang berasal dari Garut. Teksturnya yang kenyal menjadi daya tarik dodol ini namun dengan tingkat kemanisan yang lumayan tinggi bagi orang yang tidak suka rasa manis.

  • Dodol Betawi

Dodol Betawi berbahan dasar beras ketan, santan kelapa, gula merah, dan ditambahkan daun pandan seperti kebanyakan dodol yang lain. Dodol ini dikenal juga sebagai dodol yang sudah melegenda dari zaman dahulu.

  • Dodol Kerinci

Dodol Kerinci adalah dodol yang Namanya sama dengan salah satu gunung yang ada di Pulau Sumatra serta nama "Kerinci" dari nama kabupaten di Provinsi Jambi. Dodol ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan gurih di lidah sebagian orang. 

  • Dodol Bali

Dodol Bali tentu saja berasal dari Bali dan sering dijadikan buah tangan oleh kebanyakan orang jika berkunjung ke Pulau Dewata ini. Pada awalnya dodol Bali merupakan sajian upacara keagamaan.Bentuk dodol Bali memanjang dibungkus daun jagung kering yang wangi aromanya. bakunya adalah ketan hitam, santan, dan gula merah seperti dodol pada umumnya.

  • Dodol wijen

Jenis dari dodol ini adalah jenis dodol hasil modifikasi dengan rasa manis yang manis dan tekstur yang kenyal menjadikan dodol ini primadona bagi kebanyakan orang. Dodol ini memiliki rasa yang mampu memikat hati banyak orang sehingga mengonsumsi dodol wijen adalah suatu hal yang disenangi oleh banyak orang.

Cara pembuatan dari dodol ini banyak sekali ragamnya. Hampir setiap daerah memiliki cara tersendiri sendiri untuk menghasilkan dodol. Cara pengolahan dari dodol mempengaruhi cita rasa yang akan dihasilkan. Selain cita rasa yang ditentukan oleh cara pengolahan. Bahan baku pembuatan dodol juga memengaruhi rasa yang akan dicapai

Cara Membuat Dodol Wijen

+62 852-3610-0090 | jual dodol wijen paling enak
  • Persiapan

Dalam tahap persiapan, anda perlu untuk mempersiapkan bahan dan alat yang mungkin saja anda tidak mempunyainya karena kurang familiar dengan tingkat kekentalan dan ukuran bahan yang perbandingannya harus dipertimbangkan. 

Bahan yang harus anda persiapkan adalah siapkan tepung ketan putih dengan takaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda, anda juga harus menyiapkan gula jawa, santan kental serta santan cair, nah inilah yang sulit menentukan kadar kekentalan dari santan, selain bahan bahan tadi anda juga harus menyediakan bahan utama yaitu wijen dan sedikit garam.

  • Tahap pembuatan

Tahap inikah yang dapat menentukan tingkat kemanisan dan kekenyalan yang terjadi kegagalan disini. Orang awam banyak yang gagal membuat dodol wijen dikarenakan tahap ini adalah tahap yang penting dan sedikit rumit. 

Pertama adoni tepung ketan putih, saat mengadoni tepung ketan putih anda perlu mencampurkan santan dan juga sedikit garam. Santan harus dicampurkan secara perlahan agar adonan tidak menggumpal. 

Penambahan garam juga ditambah agar cita rasa lebih beragam dan lebih gurih tidak hanya bercita rasa manis serta legit saja. Lalu uleni hingga kalis.

Masak dengan api yang sedang, adonan yang sudah pulen dapat dimasak dengan api yang sedang. Lebih baik lagi jika pemasakannya menggunakan tungku dengan bahan bakar kayu. Sejak dahulu tungku dipercaya dapat mempengaruhi cita rasa dari masakan.

Selain anda memasak adonan, anda juga memerlukan persiapan gula merah. Anda harus mempersiapkan gula merah dengan memasaknya hingga cair lalu dengan perlahan campurkan dengan santan yang kental. Lalu aduk hingga keduanya bisa tercampur dengan sempurna

Campurkan cairan gula tersebut kepada campuran adonan anda yang sedang diaduk. Setelah adonan tercampur tunggu hingga setengah matang. Setelah sesudah setengah matang anda dapat menambahkan campuran wijen yang sudah disangrai. Aduk lagi hingga merata dan proses pembuatannya pun selesai

  • Pengemasan

Jika adonan telah matang, anda dapat mendiamkannya pada wadah yang terbuka. Sebelum adonan tersebut dituangkan anda dapat melapisinya dengan kertas roti agar dodol tidak menempel dengan wadah. Setelah dingin anda dapat memotong motongnya. Dodolpun siap dinikmati.

Melihat banyaknya kegagalan dari pembuatan dodol wijen, kebanyakan orang lebih suka membelinya. Namun dalam membelinya anda perlu hati hati. Anda dapat memesan Dodol wijen pada nomor +62 852-3610-0090 via WA/SMS/TELP. 

Selain berjualan dodol wijen, kami juga dapat menyarankan anda untuk membeli coklat kepada kami karena kami adalah Distributor Coklat Kerikil yang pengonsumsiannya dapat dibarengi dengan kopi atau saat santai.

Jika anda memesan pada nomor tersebut anda akan mendapatkan banyak keuntungan diantaranya adalah harga yang lebih murah dari pada yang lain, rasa yang lebih legit dengan tingkatan manis yang pas, teksturnyapun kenyal serta dodol ini masih fresh tanpa bahan pengawet. 

0 comments:

Post a Comment