MURAH!!! +62 852-3610-0090 | Harga Manisan Carica Dieng


Baca Juga
MURAH!!! +62 852-3610-0090 | Harga Manisan Carica Dieng

Harga Manisan Carica Dieng – Manisan adalah salah satu jenis makanan yang diolah terlebih dahulu dan menciptakanan makanan yang memiliki rasa yang manis. Rasa manis ini terbuat dari gula. Yah benar, namanya adalah manisan tentunya memiliki rasa yang manis. Manisan ini biasanya adalah terbuat dari manisan buah. Makanan ini dibuat dari buah yang direndam dengan menggunakan larutan gula sehingga menjadikan makanan tersebut menjadi manis. Selain untuk pengolahan, manisan juga dapat digunakan untuk mengawetkan makanan yang sudah ada sejak jaman dahulu. Yah benar, dengan menggunakan teknik ini, makanan atau buah-buahan dapat bertahan lama dan tidak mudah busuk.

Awal mulanya, dahulu manusia meredam buah dilarutan gula hanya untuk mengawetkan. Karena dimusim tertentu buah memasuki masa panen. Dan ketika masa panen tersebut dimulai, buah tersebut jumlahnya melimpah dan berlebihan, sehingga jika tidak cepat dikonsumsi maka buah tersebut akan membusuk. Untuk itu, manusia mulai berpikir bagaimana cara yang tepat untuk mengawetkan makanan dan akhirnya manisan adalah jalan yang tepat. Selain untuk mengawetkan, manisan ini juga dapat merubah cita rasa dari buah yang semualnya masam menjadi manis. Setelah menjadi komoditas, ternyata manisan ini malah laku dipasaran dan juga lebih berkembang dengan beberapa tambahan bahan pangan. Seperti pengenyal, pengering dan juga gula kering. 
Jenis dari manisan ini juga ada 3 macamnya,yaitu : 
  • Manisan basah

Manisan basah ini adalah manisan yang memiliki tekstur yang basah dan mengandung lebih banyak air didalamnya. Manisan ini diperoleh dari proses penirisan buah dari larutan gula. Bentuk dari manisan basah ini lebih menarik karena masih mirip dengan buah pada aslinya. Dan biasanya jenis manisan ini cocok untuk buah yang memiliki tekstur keras seperti, kedondong, kolang kaling, mangga, salak, papaya, nangka, belimbing, jambu biji dan lain sebagainya. 
  • Manisan kering

Manisan kering adalah manisan yang memiliki tekstur kering dan juga memiliki kandungan air yang sedikit. Selain itu manisan jenis ini memiliki daya simpan yang relative lebih lama dan juga memiliki kadar gula yang lebih tinggi. Manisan kering ini diperoleh dari proses penirisan buah dari larutan gula dan dijemur sampai kering. Biasanya buah yang digunakan untuk manisan jenis ini adalah buah yang memiliki tekstur yang lunak, seperti asam jawa, buah kundur, bengkoang, jambu mete, semangka dan lain sebagainya. 
  • Acar

Acara merupakan jenis manisan yang cita rasa dari cukanya sangat terasa. Biasanya manisan ini tersedia untuk melengkapi makanan. Buah yang biasanya digunakan addalah buah mentimun, wortel, kedondong dan lain sebagainya. 

MURAH!!! +62 852-3610-0090 | Harga Manisan Carica Dieng

Nah 3 jenis manisan diatas ini tentu saja banyak orang yang sudah mencobanya. Dalam membuat manisan yang berkualitas tinggi, rasa yang enak dan juga tahan lama, anda harus memperhatikan banyak hal, seperti bumbu yang digunakan, peralatan dan wadah yang diperlukan, dan yang paling penting adalah metode penirisan, penjemuran serta penyimpanan. Dengan proses pembuatan yang benar dan juga bersih, akan membuat manisan ini menjadi kenyal, enak, ,manis atau tidak getir, dan juga memberikan sensasi tersendiri bagi mereka yang memakannya. 

a. Bumbu dan bahan yang digunakan

Buah yang akan digunakan untuk membuat manisan ini sebaiknya adalah buah yang bagus kualitasnya, tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua agar hasilnya tidak keriput. Jangan gunakan buah yang terlalu banyak seratnya, ada ulatnya dan juga ada yang cacat, karena nantinya akan mempengaruhi cita rasanya. Buah yang sudah terpilih untuk dijadikan manisan dicuci terlebih dahulu. 
Garam yang digunakan garam yang beryodium dan juga jangan yang mengandung vetsin karena dapat memperlambat proses pengawetan. 
Gula yang digunakan lebih baik gula putih agar nantinya manisan tidak berubah warna menjadi gelap. 
Air kapur sirih digunakan untuk membuat tekstur dari manisan ini menjadi renyah. 
Jika menggunakan cuka, berilah dengan konsentrasi 5% saja agar tidak terlalu masam. 
Bumbu tambahan juga dapat diberikan  seperri cabai merah,kayu manis dan juga cengkih. Untuk menambah cita rasa dari manisan, 

b. Peratalan yang dibutuhkan 

Panci, sendok atau pengaduk yang digunakan lebih baiknya terbuat dari bahan yang anti karat. Pengaduknya dapat juga dengan terbuat dari kayu. Jangan gunakan peralatan yang terbuat dari besi atau logam, karena nantinya dapat bereaksi dengan cuka dan juga zat asam pada rasa buah yang dapat mengubah warna serta merubah rasa dari manisan,. 

c. Metode yang dilakukan

Buah yang sudah terpilih untuk dijadikan sebagai manisan ini dipotong lalu direndam didalam air larutan gula. Untuk cara yang modern penggulaan biasanya dilakukan lebih dari satu tahap. 
Penirisan dilakukan dengan menggunakan ayakan. Setelah ditiriskan, buah yang sudah direndam tersebut dibiarkan beberapa saat dan untuk manisan yang kering air gula ikut ditiriskan dan untuk yang basah tidak perlu. Dan untuk manisan yang kering dijemur dibawah terik matahari dan juga sambil dibalik-balik agar keringnya merata. Dan jika sudah kering dimasukan didalam toples yang kedap udara dan disimpan dilemari es. 

Hem cukup panjang yah cara pembuatan manisan ini. nah salah satu manisan yang terkenal adalah manisan carica. Yah manisan ini terbuat dari buah carica yang mirip seperti dengan papaya atau yang lebih dikenal dengan papaya gunung. Manisan carica ini tergolong dengan manisan basah. Manisan ini berasal dari dataran tinggi dieng yang memang populasi carica terbanyak ada disana. Harga manisan carica Wonosobo ini terjangkau dan ekonomis, cocok untuk anda yang tidak mau repot dalam membuat manisan. Tertarik untuk membelinya? Anda cukup menghubungi kami di +62 852-3610-0090 yang dijamin fast respon. Rasanya dijamin segar dan juga manis, sangat cocok dikonsumsi disiang hari yang terik. 

0 comments:

Post a Comment