SEGAR | +62 852-3610-0090 | Oleh-Oleh Khas Dieng


Baca Juga
+62 852-3610-0090 ,oleh-oleh khas dieng

Oleh-oleh Khas Dieng - Siapa yang tidak tahu dengan nama Dieng, hampir semua orang yang menyukai dunia traveling mengetahui tempat ini. Daerah yang identik degan suhu dinginnya dan pesona alamnya yang khas ini merupakan salah satu dataran tinggi yang dimiliki Jawa Tengah bahkan menjadi momok utama bagi pemerintah untuk dijadikan destinasi wisata pegunungan. Dieng terelak diantara dua kabupaten yang ada di Jawa Tengah yaitu kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo. Daerah Dieng sendiri memiliki sejuta pesona alam yang tidak pernah habis kepopulerannya. Mulai dari semburan kawah di berbagai tempat dengan yang paling terkenal adalah kawah Sikidang. Lalu sebuah sumur dengan history mitos yang kental yaitu sumur Jalatunda. Sampai hamparan air yang membiru dan menghijau yang biasa dikenal dengan telaga Merdada. Atau tidak lupa dengan berbagai jenis Candi yang memiliki keelokan dan panjangnya cerita legenda pewayangan yang menyertainya. Tidak hanya dari sector wisatanya saja seperti daerah pewisataan lainnya, Dieng juga terkenal dengan oleh – oleh khasnya yang hanya ada di daerah Dieng. Mulai dari manisan segar dengan bahan pokok buah khas Dieng, keripik gurih dengan berbagai varian rasa sampai makanan berat dengan cita rasa khas Dieng.

1. Manisan Carica

Menyebutkan nama Dieng akan langsung teringat dengan manisan khasnya yaitu manisan Carica. Manisan carica ini seakan menjadi andalan bagi pribumi untuk menonjolkan oleh – oleh khas Dieng. Terbuat dari buah Carica atau juga dinamakan papaya gunung, manisan carica papaya memiliki cita rasa unik yang khas. Berbeda dengan jenis manisan lainnya, manisan Carica memiliki perpaduan rasa manis dan asam yang sempurna. Airnya yang segar menjadikan manisan carica sering dipilih untuk dihidangkan sewaktu siang hari. Buahnya yang memiliki banyak kandungan serat dan vitamin sangat baik dikonsumsi mulai dari orang dewasa sampai anak – anak. Manisan carica murni memiliki kandungan baik yang banyak untuk kesehatan tubuh manusia seperti berikut ini :
  • Mampu mengobati dan mencegah penyakit mata
  • Dapat membantu membunuh bakteri
  • Membantu proses metabolisme tubuh
  • Bisa mempercantik kulit wajah
  • Menyehatkan kulit agar tetap awet muda
  • Membantu mmelancarkan proses pencernaan
  • Bermanfaat untuk tulang dan gigi
  • Sebagai penambah energi pada tubuh
  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Carica sering diburu untuk dijadikan oleh – oleh untuk orang rumah apabila pergi berkunjung ke daerah Dieng. Dengan berbagai jenis pilihan paket yang bisa dipilih. Seperti dengan wadah cup dengan satuu box isi 4 cup, 6 cup, 9 cup dan 12 cup. Atau dengan paket borongan dengan wadah besar hitungan kiloan. Penjualan manisan carica ini memang banyaknya di daerah asalnya Dieng dan sekitarnya namun sekarang sudah banyak yang merambah ke pasaran online yang bisa dipesan lewat media sosial. Salah satu distributor manisan carica yang bisa dihubungi ada di Telp/SMS/WA ke nomor +62 852-3610-0090.

+62 852-3610-0090 ,oleh-oleh khas dieng

2. Purwaceng

Purwaceng merupakan tumbuhan herbal asal Dieng yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah menambah daya tahan tubuh, menambah stamina pria dan wanita. Biasanya purwaceng dijadikan serbuk dan dicampurkan dengan jenis makanan lain seperti susu dan kopi. Untuk purwaceng dalam bentuk minuman sudah mulai dipasarkan secara luas ke dalam bentuk minuman instan.

3. Keripik Jamur dan Tempe

Terkenal dengan produksi jamurnya yang melimpah, Dieng mulai menginovasikan jamur ini kedalam bentuk keripik. Keripik jamur Dieng cukup terkenal dan memiliki banyak penggemar. Selain keripik jamur, Dieng juga memiliki keripik tempe yang gurih dan sangat renyah. Kedua keripik ini memiliki varian rasa yang cukup banyak mulai dari original, balado, pedas sedang, super pedas dan berbagai rasa lainnya yang bias dipilih sesuai selera pembeli.

4. Sagon

Sagon adalah olahan tepung sagu yang di campurkan dengan parutan kelapa yang di proses dengan cara di panggang atau di bakar dengan arang atau kayu bakar. Rasanya khas manis gurih dengan sedikit cita rasa gosong ( dalam bahasa Jawa : sangit ) yang sangat cocok untuk disandingkan dengan kopi atau the pada sore hari.

5. Mie ongklok

Mie ongklok merupakan salah satu jajanan khas Wonosobo yang sudah cukup terkenal dengan cita rasanya yang unik. Perpaduan rasa asin manis dan pedas yang selaras sangat cocok untuk dimakan sewaktu sore hari atau saat hari hujan. Kuah dari mie ongklok ini cukup unik karena mirip dengan mie ayam namun lebih kental dan gurih. Biasanya disajikan dengan beberapa tusuk sate daging ayam.

6. Terong Belanda

Terong Belanda merupakan terong khas Dieng yang cukup terkenal mempunyai banyak manfaat. Biasnaya memiliki warna merah atau hijau dengan bentuk bulat sampai lonjong. Kerap dijadikan lalapan sata makan, terong Belanda memiliki cita rasa yang unik dan sangat enak. Cocok untuk dijadikan oleh – oleh yang untuk keluarga di rumah. Atau bisa juga memilih dalam bentuk keripik dan manisan terong Belanda khas Dieng.

7. Dawet Ayu

Dawet ayu merupakan minuman khas Banjarnegara yang sudah tersohor namanya sebagai salah satu most drink yang ada di Jawa Tengah. Terbuat dari cendol pandan yang segar dengan campuran santan dan gula aren murni serta ditambah dengan daging durian yang manis dan segar ditambah dengan es batu jelas sangat cocok untuk dinikmati di hari yang terik. Sedangkan untuk oleh – oleh mungkin dawet ayu kurang cocok karena memiliki campuran santan yang mudah basi. Terlagi untuk jarang tempuh yang cukup jauh.

Banyak bukan oleh-oleh khas dieng yang dapat digunakan untuk dibawa kerumah. Nah yang paling khas inia adalah manisan carica. Sudah dijelaskan diatas bahwa manisan ini memiliki rasa yang unik dan juga dengan harga yang terjangkau tentunya. Nah bagi anda yang ingin membeli carica dieng ini untuk oleh-oleh dan tidak perlu repot kemana-mana, anda dapat dengan menghubungi kami di +62 852-3610-0090 via WA/Telp/SMS. Karena kami dapat mengantarkan ketempat anda berada. 

0 comments:

Post a Comment