MUDAH !!! Resep Kue Semprit Sederhana


Baca Juga
Resep Kue Semprit Sederhana - Kue merupakan salah satu makanan ringan yang cukup digemari oleh banyak orang. Jenis kue sendiri sangat beragam, mulai dari kue kering sampai kue basah. Rasa kue pada umumnya manis dan ada beberapa yang sedikit asin. Kue tradisional merupakan kue yang biasa ditemukan di daerah Indonesia, Malaysia dan serumpun lainnya. Beberapa kue khas Indonesia mendapat pengaruh dari daerah – daerah sekitarnya bahkan sampai pengaruh dari bangsa Eropa.

resep kue semprit sederhana

Kue terdiri dari dua jenis, yaitu kue basah dan kue kering.

1. Kue Basah

Kue basah identik dengan tekstur lembut dan empuk. Cara memasaknya biasanya di kukus, di rebus maupun di goreng. Salah satu bahan pokoknya adalah air yang lumayan, baik air bening maupun air santan dan susu. 
Kue basah sendiri memiliki banyak jenis dengan ciri khas masing – masing.

- Kue Klepon

Klepon merupakan salah satu kue tradisional Indonesia. Kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibuat bulat dengan isian gula merah cair yang memasaknya dengan cara direbus hingga mendidih. Dalam penyajiannya, klepon dihidangkan dengan baluti dengan parutan kelapa.

- Kue Lupis

Hampir sama dengan kuue klepon yang terbuat dari beras ketan, lupis memiliki ciri khas rasa manis yang legit. Pebuatan lupis dengan cara dibungkus daun pisang layaknya hendak  membuat lontong dan di kukus. Biasanya lupis berwarna hijau dari campuran pasta makanan agar terlihat lebih menarik dan di sajikan dengan siraman gula merah cair serta parutan kelapa.

resep kue semprit sederhana

- Kue Cubit

Kue cubit merupakan jajanan khas Jakarta yang sangat populer. Kuenya berukuran kecil dengan diameter 4 cm. Kue ini biasa dijual di pedagang kaki lima seperti di depan sekolahan karena kue ini harus disajikan hangat untuk menambah rasa gurih. Kue cubit terbuat dari campuran tepung terigu dan campuran susu serta bahan pelengkap lainnya. Dimasak menggunakan wajan baja kecil yang membentuk cetakan bundar – bundar dan tidak membutuhkan waktu lama untuk matang.

- Getuk

Getuk merupakan jajanan legendaries yang turun temurun di Jawa. Karena ketenarannya sampai ada lagu anak berjudul getuk dengan bahasa Jawa. Bahan utama getuk adalah ketela pohon yang direbus dan dihaluska lalu dicampurkan dengan bahan lain. Getuk sendiri memiliki dua citra rasa, yaitu manis dan manis rada asin. Cara mengolahnya pun ada dua macam cara, yaitu ada yang langsung diakan seteah dihaluskan dan dicampur gula ada juga yang digoreng terlebih dahulu.

- Kue Lapis

Kue lapis merupakan kue basah yang memiliki  ciri khas lengket dan kenyal. Terbuat dari tepung beras yang dicampur kanji (tapioca) dan campuran lainnya. Biasanya kue lapis memiliki beberapa warna  yang menarik (merah, hijau dan putih) dengan bentuk yang berlapis – lapis seperti namanya. Rasanya manis legit dan sangat cocok dimakan pada siang hari karena memiliki kesan sedikit segar seperti agar – agar.

2. Kue Kering

Sebaliknya dengan kue basah, kue kering memiliki kandungan air yang minim. Biasanya rasanya gurih dan teksturnya renyah. Dalam bahasa Inggris kue kering juga disebut dengan cookie yang biasanya juga menjadi hidangan saat acara perayaan besar seperti Natal dan Lebaran.
Berikut beberapa contoh kue kering yang populer di Indonesia. 5 78

- Kue Nastar

Kue ini sangat populer dan paling dicari pada saat lebaran. Kue yang seperti telah diwajibkan ada dalam toples di meja ruang tamu saat lebaran. Rasanya manis gurih dengan ciri khas renyah dan lembut saat dikunyah. Terbuat dari tepung terigu dengan campuran utama keju membuat rasanya asin gurih.

- Kue Salju

Seperti halnya kue nastar yang wajib ada saat lebaran, kue salju juga telah menjadi salah satu kue kering wajib yang harus ada. Kue salju juga menjadi kue favorit karena memiliki ke khasan yang hanya dimiliki oleh kue salju, yaitu rasanya yang manis dengan tekstur lembut.

- Kue Jahe

Seperti namanya, kue ini memiliki kandungan campuran jahe di dalamnya. Teksturnya renyah dengan rasa jahe yang mendominasi, agak kasar dan sangat renyah. Karena cara membutanya dengan cara di panggang menyebabkan teksturnya sedikit keras.

- Kue Semprit

Baca Juga : Resep Kue Semprit 

Satu lagi kue khas lebaran yang tidak boleh ditinggalkan yaitu kue semprit. Kue yang bentuknya sangat cantik ini (biasanya berbentuk seperti bunga mawar) memiliki tekstur yang hampir sama dengan kue nastar yang lembut dan renyah. Cara membuat kue semprit ini cukup mudah, yaitu :
  • Pertama. Campurkan tepung terigu  dengan tepung maizena.
  • Lalu campurkan dengan bahan pelengkap lain (telur, gula halus, vanili bubuk, dan margarine atau mentega.
  • Selanjutnya campurkan dengan mixer dengan merata.
  • Setelah adonan sudah jadi, kemudian cetak atau bentuk seperti bunga mawar.
  • Terakhir panggang di dalam oven selama 20 menit dengan suhu 170 derajat.
  • Setelah matang angkat lalu dinginkan sebentar dan siap dihidangkan.

#resepkuesempritfahumiyasmin #resepkuesempritcoklat #resepkuesempritdahlia #resepkuesemprit #resepkuesempritdurian #resepkuesempritjadul


0 comments:

Post a Comment