+62 852-3610-0090 | Manisan Carica di Jakarta


Baca Juga
Manisan Carica di Jakarta, 0852-3610-0090

Manisan Carica di Jakarta – Carica adalah salah satu buah yang termasuk dalam keluarga papaya. Karena carica ini juga dapat disebut sebagai pepaya gunung ( Carica pubescens ), papaya gunung ini juga sering disebut dengan carica atau karika. Berbeda lagi jika di daerah Bali, carica ini sering disebut sebagai gedang memedi. Carica ini adalah salah satu dari tujuh spesies pepaya yang dapat dimakan dalam genus Carica yang ditemukan di Indonesia. Selain itu carica ini juga termasuk dalam buah yang unik. Karena hanya bisa berkembang dengan subur ketika didataran tinggi yang memiliki udara yang dingin. Nah di Indonesia ini carica dibudidayakan hanya di dataran tinggi Dieng di Jawa Tengah. 

Carica atau papaya gunung ini diklasifikasikan sebagai tanaman kecil atau semak, mirip dengan pepaya biasa ( Carica papaya L. ), tetapi dengan lebih banyak cabang dan ukuran lebih kecil. Tinggi rata-rata adalah 1-2 meter. Bunga jantan memiliki batang panjang hingga 15 cm, dan bunga betina memiliki batang keras pendek tetapi ukuran keseluruhan lebih besar dari bunga jantan.

Buah ini tumbuh di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, pada suhu rendah dan dengan curah hujan tinggi. Tidak semua tempat di Dataran Tinggi Dieng cocok untuk carica papaya gunung ini. Ada beberapa daerah di daerah dieng yang membuat carica Itu tidak tumbuh dengan baik. Yaitu di lembah Dieng di ketinggian 1.400 meter, seperti di desa Kejajar. Akan tetapi tumbuh sangat baik di puncak Dieng di ketinggian 2.400 meter, seperti di desa Sembungan. Semakin tinggi tempat di Dataran Tinggi Dieng, semakin banyak tanaman carica yang ditemukan, sehingga memiliki rentang distribusi yang sempit. Karena semakin tinggi daerahnya carica yang ditanam juga akan semakin bagus kualitasnya. 

Papaya gunung atau carica ini juga memiliki beberapa karakteristik yang dapat membuatnya khas dan dijuluki sebagai papaya gunung. Carica atau pepaya gunung berbentuk bulat, panjang 6-10 cm dan diameter 3-4 cm. Buah mentah memiliki kulit hijau gelap, yang berubah menjadi kuning saat matang. Ketika karica cukup matang, ukurannya akan meningkat menjadi 6-15 cm dan diameter 3-8 cm. Pulpnya keras, cukup keras, dan memiliki warna kuning oranye dengan rasa asam dan aroma yang kuat. Benih hitamnya ditutupi dengan mantel biji berdaging putih yang disebut sarcotesta. Getahnya mengandung enzim proteolitik yang disebut papain dan dapat menyebabkan dan rasa gatal pada kulit pada beberapa orang. Maka dari itu sering kali papaya gunung ini tidak dimakan secara langsung karena mesti diolah terlebih dahulu agar dapat aman ketika dikonsumsi. 

Manisan Carica di Jakarta, 0852-3610-0090

Petani lokal di Dataran Tinggi Dieng biasanya menanam carica di antara ladang kentang, wortel, atau kubis mereka. Mereka dibudidayakan secara luas, tetapi mereka dianggap tanaman sekunder, untuk dimakan secara lokal atau untuk diproses dan dijual dalam skala kecil. Produk yang diubah, seperti carica dalam sirup, dapat mengambil dua kali lipat harga buah segar. Carica biasanya diolah menjadi sirup, jus, manisan buah dan selai. Pulpnya juga bisa dikonsumsi segar. Di Jawa, buah ini dijual kepada pelancong atau turis, dikonsumsi secara lokal dan kalengan. Di Dieng, pepaya gunung atau karica dikonsumsi secara lokal dan dijadikan minuman yang diawetkan, tetapi kegiatan ini masih dalam lingkup kecil.


Olahan dari carica ini memang sangat luas. Mulai dari hanya diolah sebagai jus saja, sampai dengan diolah untuk dijadikan sebagai makanan kemasan. Bukan hanya itu saja, carica ini juga sering diolah untuk dijadikan sebagai manisan. Yah benar, manisan carica ini adalah salah satu makanan khas dari banjarnegara yang sangat banyak orang yang menyukainya. Bukan hanya itu saja, naun diberbagai kota, manisan ini juga sering dijadikan sebagai makanan oleh-oleh yang sering digunakan untuk oleh-oleh orang yang jauh dari banjarnegara. 

Walaupun manisan carica ini jauh dari banyak dari kota-kota besar, namun disini kami menyediakan manisan carica di Jakarta. Jadi anda yang warga masyarakat Jakarta ingin mencicipi manisan carica ini, dapat mencicipinya dengan menghubungi kami, karena kami disini menjual manisan caricai yang manis untuk anda. Karena kami disini menjualnya secara online ataupun offline, jadi bagi anda yang jauh dari tempat kami dapat menghubungi kami via WA/Telp/SMS di 0852-3610-0090. Harga yang kami berikanini sangat terjangkau, rasanya sangat segar,.,,,

0 comments:

Post a Comment