ENAK | Resep Kue Tradisional


Baca Juga
resep kue tradisional, makanan-minuman.com


Kue tradisional itu hasrus dilestarikan selalu, karena kue tardisional itu adalah asset kita sebagai kaum muda untuk  melesatarikan jajanan asli atau tradisonal. Ternyata kue-kue tradisional itu ngga sekampungan yang anda kira. Kue tradisional melebihi enaknya pitza Italy atau burger Amerika dan lain 

1. Resep Kue Talam

resep kue talam, makanan-minuman.com

Di antara jajanan pasar yang mudah diperoleh di gerai snak atau pasar tradisional. Kue berbahan tepung beras, tepung sagu, dan santan ini rasanya paling legit, dan pasti saja enak. Tak menutup kemungkinan juga kalau kue talam divariasikan dengan ketan atau ubi. Namun, kue talam original juga tak kalah enak. 
Warna-warni kue talam di pasaran terkadang menciptakan kita mesti beranggapan ulang guna membeli. Apakah bahan-bahannya aman guna dikonsumsi atau tidak, anda harus yakin. Tak jarang orang menciptakan kue talam dengan warna yang cantik, namun ternyata pewarnanya tidak sehat. Bagaimana andai membuat kue talam sendiri? Mudah kok! Resep kue talam yang satu ini lumayan simpel, patut guna dicoba. 

Bahan-bahan yang diperlukan : 

1. 250 mili santan dengan kekentalan sedang
2. 250 mili santan kental
3. 120 gr tepung sagu
4. 250 gr tepung beras
5. 1/2 sdt garam halus
6. 50 mili air
7. 1/8 sdt pewarna ungu
8. 1/2 sdt vanili bubuk
9. 1 sdm minyak goreng

Cara Membuat

- Sisihkan : 20 gr tepung sagu, 50 gr tepung beras, 1/4 sdt garam halus. Campur ketiga bahan itu dengan 250 mili santan kental. 
- Dalam wadah terpisah, campurkan tepung beras, tepung sagu, gula pasir, saldo garam, dan vanili. Masukkan santan tidak banyak demi sedikit seraya terus diremas-remas sampai tidak terdapat yang menggumpal. Tambahkan air dan pewarna ungu. 
- Olesi cetakan kue mangkok dengan minyak goreng. Tuangkan adonan kue talam ungu hingga 2/3 penuhnya. Kukus sepuluh menit. Buat lubang ditengahnya, masukkan adonan putih. Kukus lagi hingga kue talam matang.

2. Resep Kue Lemper Ayam

resep kue lemper ayam, makanan-minuman.com

Kue lemper ini agak seidkit membutuhkan ketelatenan yang cukup panjang prosesnya. Kue lemper ini pasti ada disetiap acara hajatan orang jawa pasti ada kue lemper yang dihidangkan. Kue lemper ini memang memiliki filosofi sendri. Dalam membuat kue lmper ini kita membutuhkan keteatenan. Karena untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan itu butuh perjuangan. 

Bahan-bahan yang diperlukan : 

- 250 gr ketan
- 250 mili santan kental dari 1 butir kelapa
- 1/2 sendok teh garam
- 1 batang serai (dimemarkan)
- 2 eksemplar daun salam
- Daun pisang secukupnya (untuk membungkus)
- Bahan Isian Lemper Ayam
- 1 dada ayam rebus matang suwir-suwir
- 200 mili santan
- 1 sendok santap air asam jawa
- 1 eksemplar daun salam
- 2 sendok santap minyak goreng
- 4 eksemplar daun jeruk
- Bumbu yang Dihaluskan
- 3 butir kemiri, sangrai
- 3 siung bawang putih
- 5 butir bawang merah
- 1 sendok teh jintan sangrai
- 1 sendok santap ketumbar, sangrai
- 1 sendok santap gula pasir

Cara Membuat Lemper Ayam

- Langkah kesatu bikin terlebih dahulu bahan isiannya dengan teknik tumis seluruh bumbu yang dihaluskan sampai menjadi harum, masukkan santan ayam, salam serta daun jeruk sampai matang dan santan berakhir kemudian angkat. 
- Kemudian anda akan bikin nasi ketannya, metodenya rendam ketan sekitar 2 jam, kemudian cuci sampai bersih, tiriskan dan kukus selama tidak cukup lebih 15 menit, angkat lantas sisihkan. 
- Selanjutnya, rebus santan bareng dengan daun salam, serai dan garam, masukkan ketan yang sudah dikukus lantas aroni sampai seluruh santan dihisap oleh ketan, angkat lantas kukus ketan sampai matang. 
- Siapkan cetakan lemper yang sebelumnya sudah diolesi minyak goreng dan dilapisi selembar plastik, lantas masukan nasi ketan secukupnya, pipihkan dan masukkan isian lantas tutup kembali sampai berbentuk lonjong dan padatkan. Kemudian bungkus dengan daun pisang, dan sajikan.

3. Resep Kue Sengkulun

resep kue sengkulun, makanan-minuman.com

Apakah anda pernah mendengar kue sengkulun. Kue sengkulun ini adalh salah satu kue tradisional yang sangat-sanagt melegenda. Atau bahkand anda belum pernah mendengar dan tidak tahu kue sengkulun itu apa. Kue sengkulun adalah kue tradisional yang berbahan dasar  kue beras ketan putih. Kue sengkulun itu harus anda cicicpi. Bila anda ingin membuat sendiri dan mencicipinya anda bisa mengelola kue sengkuln ini. Dnegan hal unu anda tidak perlu risau lagi akan datangnya hari tua. Resep Kue Sengkulun 

Bahan-bahan yang diperlukan :

- 125 gr tepung beras ketan putih dapat juga gunakan beras ketan hitam
- 150 gr gula pasir
- 200 gr kelapa parut
- 1/4 sdt garam
- 1/2 sdt vanili bubuk
- Secukupnya Minyak goreng guna mengoles cetakan

Cara Membuat Kue Sengkulun :

- Sementara Bunda menciptakan adonan kue sengkulun, didihkan air pada langseng/kukusan. Campur seluruh bahan kecuali minyak ngoreng. Aduk hingga tercampur rata, kemudian untuk dua. Sebagian beri warna merah.
- Olesi cetakan kue sengkulun dengan tidak banyak minyak goreng, kemudian masukkan adonan warna putih, tekan-tekan. Lakukan hingga adonan putih habis.
- Kemudian hitung berapa jumlah adonan putih yang ada pada cetakan. Setelah itu letakan adonan merah sebanyak adonan putih kemudian tekan-tekan. Dan kukus adonan se3kitar 40 menit
- Setelah  matang adonan keluarkan adonan dari kukusan dan biarkan dingin. Setelah adonan dingin angkat dan sajikan.

Nah, pastinya jajanan tersebut sudah tidak asing ditelinga kita bukan? Bahkan ada yang suka sekali dengan salah satu kue diatas. Kue ini termasuk dalam kue basah yang banyak diminati. Pada zaman dahulu, kue ini adalah jenis kue yang sangat mudah untuk dijumpai. Namun sekarang sudah jarang, akan tetapi dipasar tradisional masih banyak yang jual. Rasa dari ketiga kue ini berbeda. Namun sama-sama dapat memanjakan lidah anda. 

wedang uwuh, makanan-minuman.com

Sembari memakan kue tradisional yang memiliki rasa yang enak ini, alangkah lebih baiknya jika meminum bersama dengan wedang uwuh yang memiliki khasiat ini. Dengan kandungan alami yang dapat membuat tubuh anda sehat dan menambah stamina. Untuk info lebih lanjut hubungi 0852-3610-0090 via WA/Telp/SMS. rasanya hangat, dapat menghangatkan tubuh dan tentunya sehat. 

0 comments:

Post a Comment