[ SEDERHANA ] Resep Kue Sus


Baca Juga

Resep Kue Sus

Resep Kue Sus - Kue kering memang sudah tidak bisa dipisahkan dari hidangan meja. Banyak sekali macam kue kering yang mudah sekali untuk dibuat. Apalagi kalau masa-masa lebaran, kue kiering pasti ada di setiap meja dalam rumah. Kue kering memang sangat cocok digunakan untuk camilan sehari-hari. Selain tahan lama, rasanya juga enak.

Apalagi kue yangs atu ini, ya kue sus. Kue sus merupakan kue kering yang terbuat dari tepung terigu dan biasanya ada isian vla yang lembuat dan meleleh. Wah meleleh, enak kayaknya tuh. Tapi biasanya kue sus itu salah satu kue kering yang terbilang mahal dipasaran. Nah daripada anda membelinya di pasar. Coba deh anda membuat nya sendiri. Dijamin mduah dan hasilnya enak deh.
Nah ini dia resep kue sus yang bisa anda coba dirumah. Apalagi buat ibu-ibu rumah tangga, bila ada waktu longgar bisa coba deh. Membuat kue sus dengan resep kue sus.
Beberapa resep kue sus yang bisa anda buat seperti :

1. Resep Kue Sus Kering

Ini dia resep kue sus yang biasa anda makan. Penasaran ngga sih gimana cara membuatnya. Nah bagi anda yang ingin mencoba membuatnya, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Karena resepnya sanagt mudah. Dan tentunya rasanya juga akan lezat seperti kue sus yang biasa anda beli. Resep kue sus kering :

resep kue sus kering

Bahan :

a. Margarin 100 gram
b. Air 250 gram
c. Garam ¼ sdt
d. Tepung 125 gram
e. Telur 3 butir
f. Keju parut 75 granm
g. Bakin powder 1 sdt

Cara Membuat :
a) Masak air, margarin dan garam sampai mendidih dengan api yang sedang.
b) Nyalakan api sekecil mungkin dan masukan tepung dan masak samapai kalis dan halus. Matikan kompor dan biarkan sampai hangat.
c) Telur dimasukan satu persatu sambil dikocok, masukan baking powder serta keju kocoklah sampai merata.
d) Masukan adonan kedalam plastic segitiga yang sudah diberi spuit. Dan bentuklahdiatas loyang yang sudah dialasi kertas roti.
e) Pangganglah dalam oven dengan suhu 200 derajat selama 20 menit dan jagan dibuka.
f) Panggang lagi untuk membuat kue sus ini kering dan agak krispi selama 40-50 menit dengan suhu 130 derajat sampai kue sus benar-benar kering.
g) Angkat kuse sus kering dan diamkan samapai dingin. Dan masukan dalam toples yang kedap udara agar terjaga kerenyahan kue sus. Selamat menikmati…

2. Resep Kue Sus Coklat

Siapa yang suka coklat. Aduh pasti sedikit deh yang tidak suka coklat. Mungkin karena ada satu alasan yang membuat mereka tidak makan coklat. Namun hampir sebagian besar banyak suka coklat. Nah ada salah satu kreasi kue sus yang ada juga vla coklatnya. Coklat yang biasa ada di dalam kue sus biasanya sangat lembut dan enak. Resep kue sus coklat juga sanagt mudah dibuat. Dijamin anda pasti bisa membuatnya.  Berikut resep kue sus coklat :


Bahan :

100 gram margarin
125 gram tepung terigu
250 ml air mineral
½ sdt garam
3 butir telur
Baking powder 1 sdt

Untuk vla coklat kue sus

150 gram cokleat gelap batangan yang dilelehkan
150 gram cokelat putih batangan yang dilelehkan

Cara Membuat :

Rebus air , masukan margarin dan garam serta aduk sampai merata dan larut dalam air secara sempurna.
Matikan kompor, lalu masukan tepung terigu dan aduk sampai merata dan kalis. Setelah itu barulah nyalakankompor dengan api kecil saja, dan aduk sampai adonan benar-benar kalis.
Apabila adonan telah kalis, matikan kompor. Tambahkan baking powder dan 3 butir telur dalam adonan. Kemudian aduk lagi sampai semua bahan merata secara keseluruhan.
Jika adonan telah tercampur rata, masukan adonan kedalam kabntong plastic segitiga yang ujungnya sudah diberi spuit.
Siapkan loyang yang sudah diberi margarin secukupnya. Dan bentuklah sedikit demi sedikit diatas loyang.
Masukan kedalam oven dengan suhu 200 derajat selama 20 menit. Setelah itu panggang lagi dengan menurunkan suhu menjadi 150 derajat selama 20 menit lagi.
Apabila sudah matang, keluarkan kue sus kering dari oven. Untuk memasukan cokelat sebagai vla kue sus ini, dimasukan dengan alat bantuan suntikan makanan yang suntikan tersebut sudah diisi dengan lelehan coklat yang sudah meleleh tadi.
Siapkan dua suntikan makanan yang masing-masing telah diberi lelehan cokelat gelap dan juga cokelat putih. Agar nantinya vla kue sus ada 2 yaitu cokelat gelap dan putih.
Suntikan cokelat tersebut kedalam kue sus. Dan kue sus sudah siap untuk dinikmati.

3. Resep Kue Sus Basah

Hampir sama dengan kue sus kering. Namun kue yang satu ini memiliki lebih banyak tekstur air didalamnya. Sehingga dikatakan sebagai kue sus basah. Untuk membuat kue sus basah juga sangat mudah. Berikut resep kue sus basah :

resep kue sus basah

Bahan kue sus:

1) Air mineral 250 ml
2) Margarin 125 gram
3) Tepung terigu 125 gram
4) Garam halus ½ sdt
5) Baking powder ¼ sdt
6) Telur ayam 4 butir

Bahan vla sus :

1. Susu cair tawar 300 ml
2. Gula pasir 75 gram
3. Garam ¼ sdt
4. 4 sdt vanilli bubuk
5. 4 sdm tepung maizena
6. Tepung terigu 2 sdm
7. Margarinn 1 sdm
8. Rum 1 sdm
9. Telur ayam 2 butir diambil kuningnya saja.

Cara Membuat  vla :

1) Larutkan tepung maizena, gula, tepung terigu, garam, dengan susu tawar cair dan aduklah sampai merata.
2) Masak sampai medidih, mengental dan juga matang. Angkat dan sisihkan.
3) Selagi adoan tadi masih panas, tambahkan mentega, kuning telur, vanili dan rum. Aduk sampai vla benar-benar rata, lalu dinginkan. Vla siap digunakan untuk isi kue sus basah.

Cara membuat kue sus basah :
1. Didhklan air, masukan garam dan margarin, rebus hinggga rata.
2. Tepung terigu dimasukan perlahan-lahan sambil terus diaduksampai dengan terbentuk adanona yang rata dan kental, licin, kalis dan tidak lengket. Angkat dan diamkan.
3. Setelah adonan menjadi hangat,masukan baking powder dan telur satui persatu dan terus diaduk sampai rata.
4. Siapkan plastic segitiga yang ujungnya diberi spuit. Masukan adonan kedalam plastic tersebut.
5. Siapkan loyang dan beri sedikit margarin. Dan bentuklah adonan diatas loyang tersebut.
6. Panggang adonan didalam oven dengan suhu 200 derajat celcius sampai mengembang selama kurang lebih 20-40 menit sampai adonan berwarna kecoklatan.
7. Terakhir iris bagian tengah kue sus tersebut dan isi dengan vla, apatkan kembali agar tetap cantik dan bisa dihidangkan selagi masih hangat.

Nah gimana resepnya nih. Mudah bukan untuk dibuat. Ya resep kue sus sederhana ini emang sangat mudah untuk dibuat. Karena bahan-bahan untuk membuat kue sus juga sangat mudah dicari. Kue jadi anda pastinya akan mudah untuk membuat kue sus ini. Untuk membuat kue sus memang membutuhkan sedikit ketelatenan pada saat membentuk adonannya. Karena kecil-kecil dan harus sabar..

Namun itu juga tidak akan membuat anda kesusahan. Bila anda bersungguh-sungguh, anda pasti bisa membatny. Nah, tadi sudah kan membuat kue sus. Lalu makanan apa ya yang cocok untuk menemani kue sus yang sudah anda buat tadi.

jual manisan carica 0852-3610-0090

Kue sus akan lebih cocok sekali bila ditemani dengan carica dieng. Carica dieng ini adalah salah satu makanan khas Dieng Jawa Tengah. Carica Dieng memiliki rasa manis da nada juga air nya. Jadi sangat cocok deh buat teman kue sus. Untuk membli carica Dieng tentunya anda tidak harus pergi ke Dieng. Anda bisa membelinya di toko kami ini. Kami menjual carica Dieng asli dengan harga terjangkau dan rasanya enak. Untuk info pemesanan anda bisa hubungi nomor 0852-3610-0090 via WA/SMS/TLP.  atau kunjungi website kami di https://www.makanan-minuman.com/ dan instagram kami di @jualmakananminuman



0 comments:

Post a Comment